GRATIS ! INFO SEPUTAR WIRAUSAHA -Klik Disini-

Advertisment

Laptop Anda Tiba-tiba Mati ? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab laptop mati secara tiba-tiba bisa bermacam-macam sebab, diantara kasus laptop yang tiba-tiba mati sendiri di karenakan beberapa hal diantaranya adalah laptop mengalami overheat (terlalu panas), kebocoran batrai laptop (batrai yang sudah rusak), Van kipas tidak berjalan atau ketika layar/lcd laptop mengalami kerusakan.

Kadang beberapa user belum atau tidak mengetahui bagaimana cara menggunakan dan merawat laptop secara baik dan benar sehingga menyebabkan laptop menjadi cepat rusak. Untuk beberapa kasus yang sering terjadi, laptop yang tiba-tiba sering mati sendiri dan tidak bisa di hidupkan kembali tentunya laptop yang anda miliki sudah mengalami kerusakan yang cukup parah.

Kerusakan parah terjadi apabila motherboard atau mesin utama mengalami konslet atau VGA yang sudah terbakar karena prosesor mengalami overheat. Diantara penyeba laptop tiba-tiba mati lainya adalah Van Kipas mati sehingga prosesor cepat memanas atau pasta pendingin telah habis atau kering yang tidak pernah di servis ulang atau di tambahkan pasta sehingga ketika panas laptop sering mati namun beberapa menit ketika sudah dingin atau di biarkan beberapa saat baru bisa di hidupkan kembali. 


Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak dan Tiba-tiba Mati

Bagaimana cara merawat laptop yang baik dan benar sehingga laptop tidak mudah rusak atau tiba-tiba mati sendiri ? berikut ini tips cara merawat laptop agar tidak mati serta awet dan tidak rusak.

1. Jangan Meletakkan Laptop di Atas Kasur Atau Bantal
Biasanya para pengguna laptop terutama kaum hawa terbiasa meletakkan laptop diatas kasur maupun bantal dengan bersantai sambil bermain internet maupun sekedar nonton film. Perlu diketahui ketika anda meletakkan laptop diatas kasur atau bantal maka sirkulasi udara yang terdapat dibagian bawah laptop akan tertutupi sehingga menyebabkan udara van kipas tidak bisa keluar dengan baik.

Jika sirkulasi udara pada bagian bawah laptop atau van kipas tidak bisa keluar dengan baik karena tertutupi oleh permukaan kasur maupun bantal maka akibatnya laptop anda akan cepat panas dan mengalami overheat.  Hal tersebut jika terjadi secara terus menerus tidak menutup kemungkinan laptop anda akan mengalami masalah seperti tiba-tiba mati sendiri akibat overheat.

2. Van Kipas Yang Sudah Kotor dan Tidak Pernah di Bersihkan
Van kipas merupakan bagian penting untuk pendingin prosesor tanpa van kipas maka prosesor akan cepat panas. Beberapa penyebab van kipas tidak mau berputar dengan lancar atau malah tidak mau begerak sama sekali biasanya di karenakan debu atau kotoran yang sudah terlalu banyak dan menyumbat roda kipas sehingga kipas tidak bisa berjalan. 

Bagi anda yang merasa van kipas tidak bisa bergerak atau berjalan dengan lancar karena tersumbat kotoran segera bersihkan van kipas anda agar latop yang anda miliki tidak mengalami overheat. Untuk minimum pembersihan kipas minimal 6 bulan atau setidaknya 1 tahun sekali tergantung kondisi van kipas itu sendiri. 

3. Matikan Laptop Jika Tidak di Gunakan
Ketika anda bekerja atau mengerjakan tugas hingga kadang merasa capek dan ketika hendak beristirahat sering di tutup tanpa mematikan atau melakukan shutdown terlebih dahulu. Beberapa penyebab kerusakan lainya adalah sering menyalakan laptop dan lupa untuk mematikan atau melakukan shutdown hingga benar-benar laptop dalam keadaan mati.  

4. Cabut Charger Batrai Laptop Jika Sudah Penuh
Untuk anda yang sering menggunakan laptop sambil di charger hendaknya meninggalkan kebiasaan ini karena hal tersebut bisa berimbas pada kondisi batrai laptop. Belum lagi bahaya akibat tegangan listrik yang dapat merusak layar maupun terjadi konslet apalagi untuk anda yang tinggal di kos-kosan yang mana tegangan listrik kadang sering naik turun akibat pemakaian listrik secara bergantian. 

5. Jangan Memforsir Laptop Anda Untuk Gaming
Jika anda menyukai game hendaknya anda merakit komputer khusus gaming atau membeli laptop yang memiliki support kemampuan gaming yang baik. Jangan laptop dengan spek sederhana anda jadikan gaming sehingga mengakibatkan kerusakan VGA pada laptop anda. Jika VGA rusak maka layar anda akan blank dan tentunya anda harus membawa ke tukang servis untuk mengganti VGA pada laptop. 

Laptop adalah mesin yang kapanpun bisa mengalamai kerusakan. Namun setidaknya dengan perawatan yang baik dan penggunaan yang benar setidaknya laptop yang anda miliki bisa anda gunakan dalam jangka panjang. Demikian ulasan mengenai penyebab laptop tiba-tiba mati sendiri. Semoga bermanfaat untuk anda dalam merawat dan menggunakan laptop secara baik dan bijak.

Baca Juga: Cara Mengatasi Browser Sering Membuka Sendiri di Komputer

Buka KomentarTutup Komentar