7 Cara Mudah Mengatasi Laptop Yang Super Lemot

Penyebab Laptop Lemot - Laptop merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Mengapa ? karena dengan laptop pekerjaan yang bersifat mobilisasi bisa teratasi dengan mudah seperti contoh pengecekan mesin mobil oleh bengkel, mahasiswa yang sedang praktek lapangan, pekerjaan setting jaringan dan berbagai pekerjaan yang bersifat mobilisasi lainya.

Tidak mungkin jika pekerjaan yang bersifat mobilisasi yang menenteng perlengkapan komputer kemana-mana. Selain itu dengan laptop lebih memudahkan para penggunanya untuk mengejakan tugas sambil nongkrong di cafe maupun ditempat-tempat yang diinginkan.

Meskipun laptop mudah untuk dibawa kemana-mana akan tetapi laptop juga bisa mengalami masalah seperti halnya PC. Seperti contoh yang sering dialami oleh beberapa pengguna adalah laptop sering kali loading lama atau lemot. Penyebnya pun bermacam-macam mulai dari bagian software hingga ke hardware laptop itu sendiri.

Baca Juga: Penyebab Wifi Laptop Tanda Silang dan Tidak Bisa Connect

Penyebab Laptop Lemot Loading Lama

Untuk dapat mengatasi masalah yang tedapat pada laptop akibat lelet atau lemot tentunya anda juga harus memahami beberapa penyebab masalah mengapa laptop bisa lemot. Sehingga dengan memahami akar penyebabnya akan lebih memudahkan anda untuk mengatasi dan mencari solusi dari permasalahan laptop lemot tersebut. Berikut cara mengatasi laptop yang lemot:

1. Uninstall Game atau Aplikasi Berat

Tidak dipungkiri game atau aplikasi berat dapat memperlambat kinerja sebuah laptop apalagi jika spesifikasi porsesor dan RAM termasuk dalam kategori low entri. Jika anda hendak menggunakan laptop untuk game atau aplikasi berat silahkan gunakan laptop dengan spesifikasi yang mumpuni untuk gaming maupun suport aplikasi berat.

2. Penambahan RAM 

Salah satu faktor yang dapat mempercepat kinerja laptop adalah dengan menambah RAM laptop. Jika pada umumnya laptop yang baru dibeli dibekali dengan RAM 2 GB anda bisa menambah RAM agar akselerasi laptop dapat berjalan dengan baik. Di bagian RAM biasanya terdapat 2 slot yang 1 slot untuk RAM bawaan sedangkan satu slotnya lagi untuk RAM tambahan.


3. Pembersihan Van Kipas dan Penambahan Thermal Paste

Selain kendaraan laptop juga butuh perawatan agar sistem operasi pada laptop bisa berjalan dengan lancar. Perawatan yang paling utama adalah bagian van kipas dan pasta pada bagian bawah posessor yang seringkali kering mengakibatkan overheat yang berakibat kinerja laptop lemot bahkan mengalami hang.

4. Sesuaikan Sistem Operasi dengan Spesifikasi Laptop

Jika anda ingin kinerja laptop anda super ngebut gunakanlah sistem operasi yang sederhana. Saat ini muncul OS baru terutama dari perusahaan microsoft seperti windows versi 8 keatas. Memang terlihat keren dan canggih namun sistem operasi windows 8 ketas terlalu berat untuk digunakan di laptop dengan spek biasa. Admin sendiri lebih menyukai windows 7 karena operasi sistemnya lebih cocok dengan laptop admin.

5. Gunakan Laptop Secara Wajar

Tidak hanya manusia laptop juga membutuhkan istirahat. Jika anda memiliki berbagai tugas pekerjaan yang harus diselesaikan jangan lupa untuk mematikan laptop ketika tidak digunakan. Laptop yang terlalu dipacu dapat berakibat prosessor menjadi sangat panas sehinggat mengakibatkan lemot hingga laptop mati secara tiba-tiba.

6. Scaning Malware dan Antivirus

Virus atau malware  yang telah menginfeksi sistem operasi laptop juga berpengaruh terhadap kinerja laptop. Agar terhindar dari malware dan virus pastikan laptop anda telah terinstall antivirus yang mumpuni seperti DeepFreze, MSE, Smadav dan beberapa antivirus lainya. Jika anda memasang antivirus alangkah lebih baik gunakan salah satu antivirus yang menurut anda terbaik untuk laptop anda agar tidak terjadi crash.

7. Install Ulang Sistem Operasi

Beberapa masalah penyebab laptop lemot terkadang sulit untuk di identifikasi penyebabnya terutama error yang sering terjadi pada sistem operasi windows. Jika anda sudah melakukan cara-cara termudah seperti uninstall software yang tidak penting dan scanning antivirus namun tak kunjung ada perubahan, maka langkah terakhir yang bisa anda lakukan yaitu melakukan reset atau install ulang sistem operasi windows.

Demikian artikel yang dapat admin sajikan untuk memperbaiki kinerja laptop. Terimakasih anda telah membaca 7 cara mudah mengatasi laptop yang super lemot.  Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami masalah laptop lemot.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Tiba-tiba Mati Sendiri

0 Response to "7 Cara Mudah Mengatasi Laptop Yang Super Lemot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel