GRATIS ! INFO SEPUTAR WIRAUSAHA -Klik Disini-

Advertisment

7 Penyebab Baterai HP Android Boros dan Cepat Habis

Baterai HP Cepat Habis - Apakah anda mengalami masalah dengan batrai pada HP android  yang cepat habis ? masalah yang terjadi pada HP android seperti baterai boros memiliki berbagai macam penyebab. Oleh karena itu sebelum mengatasi masalah baterai HP android yang cepat habis anda harus tahu penyebab utama mengapa baterai boros dan cepat habis meskipun terkadang HP dalam keadaan baru.


Saat ini HP dengan Operasi Sistem android memang banyak digemari oleh masyarakat karena memiliki berbagai fitur dan kelebihan yang dapat memudahkan para penggunanya dalam memenuhi kebutuhan diantaranya adalah untuk komunikasi, bermain game, fotografi ponsel, selfie, mengakses informasi melalui internet dan berbagai kebutuhan lainya.

Baca Juga: 5+ Game Android Paling Seru Untuk Dimainkan

Namun terkadang sangat menjengkelkan apabila sedang asik memainkan HP tiba-tiba ada pemberitahuan bahwa baterai sebentar lagi akan habis. Memang benar untuk masalah baterai yang cepat habis bisa dibantu dengan menggunakan powerbank akan tetapi dengan menenteng powerbank tentunya akan mengganggu aktifitas kita dalam menjalankan smartphone.

Penyebab Baterai Android Cepat Habis

Pelajari beberapa penyebab baterai smartphone anda boros sehingga anda dapat menyesuaikan cara mengatasinya. Berikut adalah beberapa penyebab baterai HP android yang cepat ngedrop.

1. Kapasitas Power mAh Baterai Yang Rendah

Sebelum anda membeli smartphone android hendaknya mempertimbangkan berapa kapasitas power yang terdapat pada baterai smartphone android tersebut. Apalagi jika anda hobi game atau hobi chating video call tentunya jika tidak diimbangi dengan kapasitas power tinggi maka baterai akan mudah cepat habis. Baterai dengan kapasitas power tahan lama adalah 3000 mAh keatas.

2. Baterai Telah Rusak atau Mengalami Kebocoran

Setelah lama digunakan biasanya baterai akan mengalami kerusakan akibat elemen baterai telah usang. Biasanya kebocoran pada HP berbentuk melembung. Selain melembung baterai juga cepat habis meskipun baru saja dilakukan pengecasan. Untuk mengatasi hal tersebut mau tidak mau anda harus menggantinya dengan baterai baru.

3. Banyak Aplikasi Berjalan di Smartphone 

Kelebihan smartphone canggih android adalah bisa bekerja secara multitasking atau menjalankan aplikasi secara bersamaan. Dengan banyaknya aplikasi yang berjalan secara bersamaan akan menguras daya baterai sehingga menyebabkan baterai cepat sekali habis. Untuk mengatasi hal tersebut silahkan tutup aplikasi yang tidak digunakan dan gunakan.

Baca Juga: Cara Mempercepat Kinerja HP Android Agar Tidak Lemot

4. Pengaturan Brightness Layar Terlalu Cerah

Penyebab lain baterai cepat habis adalah pengaturan pada kecerahan layar. Layar yang terlalu cerah dapat mengakibatkan daya pada baterai menjadi cepat habis dan juga dapat merusak kesehatan mata. Untuk mengatasi masalah tersebut gunakan kecerahan minimum atau gunakan hanya ketika anda berada dilokasi yang kurang terang.

5. Konetifitas Smartphone Yang Masih Menyala

Konektifitas android adalah perangkat yang terdapat pada smartphone digunakan untuk menghubungkan hp android dengan perangkat lain seperti Wifi dan Bluetooth. Konektifitas yang terus menyala dapat mengakibatkan baterai menjadi  boros. Hal tersebut terjadi karena kita sering lupa mematikan konektifitas seperti wifi maupun bluetooth setelah kita menggunakanya.

6. Penggunaan GPS yang Masih Aktif

Global Positioning System atau dikenal dengan GPS merupakan salah satu fitur yang terdapat pada smartphone android yang digunakan untuk mengetahui sebuah lokasi melalui google map. Dengan GPS anda dapat menentukan arah suatu lokasi dan mengetahui lokasi dimana anda berada. 

Namun perlu diketahui bahwa penggunaan GPS juga dapat mengakibatkan baterai cepat habis karena aplikasi GPS yang terus dipacu dan internet yang digunakan untuk menyambungkan satelit terus hidup dapat menjadikan baterai menjadi boros.

7. Gagal Produk atau Kesalahan Pabrik

Jika anda meyakini bahwa smartphone android yang baru telah anda beli memiliki kualitas yang baik seperti kapasitas power diatas 3000 mAh namun tetap boros dan cepat habis bisa saja baterai mengalami cacat produksi atau kesalahan pabrik. Untuk mengatasi masalah akibat gagal produk atau rusak akibat masalah pabrik silahkan segera lakukan retur atau pengembalian selama masa garansi masih aktif. 

Demikian artikel tentang penyebab baterai HP android menjadi cepat habis. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami masalah dengan baterai smartphone android. Baca juga artikel manarik lanya dari Gratisiana

Buka KomentarTutup Komentar