Ini Dia 4 Langkah Praktis Cek Ke-Aktifan Kartu BPJS Kesehatan

Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan - Bagi pengguna BPJS kesehatan umum non subsidi untuk bisa mendapatkan pelayanan menggunakan kartu BPJS kesehatan haruslah memastikan bahwa kartu keanggotaan BPJS dalam keadaan aktif. Kartu yang sudah tidak aktif tidak akan diterima di tempat klinik maupun rumah sakit yang terintrgrasi dengan BPJS Kesehatan.



Sebenarnya permasaalahan utama aktif atau non aktif kartu keanggotaan BPJS kesehatan tergantung dari kedisiplinan peserta untuk membayar secara rutin iuran keanggotaan setiap bulan. Jika anda rajin dalam melakukan pembayaran keanggotaan BPJS kesehatan tentunya anda tidak perlu takut atau khawatir karena dengan membayar iuran secara rutin maka keanggotaan anda sebagai peserta BPJS akan terus aktif.

BPJS kesehatan tidak memblokir peserta yang tidak membayar iuran atau memiliki tunggakan. Adapun sangsi yang diberikan bagi para peserta BPJS kesehatan yang memiliki tunggakan atau tidak membayar iuran lebih dari 3 bulan adalah dengan me-non aktifkan sementara keanggotaan sebagai peserta BPJS kesehatan. Ketika anggota peserta BPJS ingin menggunakan atau meng-aktifkan kembali maka peserta harus membayar semua tunggakan beserta denda selama periode kartu non-aktif.

Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak

Bagi anda yang merasa ragu kartu yang digunakan masih aktif atau tidak anda bisa melakukan pengecekan seacara langsung dengan menggunakan 4 cara pengecekan keanggotan BPJS kesehatan berikut:

1. Menadatangi Kantor BPJS Kesehatan Terdekat di Kota Anda

Di setiap kota di seluruh indonesia terdapat cabang kantor BPJS kesehatan. Anda bisa langsung mendatangi kantor cabang BPJS kesehatan yang ada di kota tempat tinggal anda untuk melakukan pengecekan keaktifan keanggotaan. Biasanya ada satpam jaga yang juga membantu para tamu yang berkunjung ke kantor BPJS. Disitu anda dapat menjelaskan perihal maksud dan tujuan datang ke kantor BPJS kesehatan.

2. Cek Melalui SMS Center (gateway) BPJS kesehatan

SMS gateway BPJS adalah layanan dengan sistem SMS secara otomatis. SMS gateway hanya bisa menerima pesan dengan cara yang telah diatur dalam sebuah jaringan yang terintegrasi dengan daftar pengguna BPJS kesehatan. Jadi, bagi anda yang ingin berkeluh kesah atau menyampaikan kritik dan saran pastinya tidak akan mendapat balasan apapun.

Bagaimana Format SMS Gateway Untuk mengecek Keanggotaan yang Masih Aktif atau Tidak ?

Pengecekan menggunakan metode SMS Gateway bisa dilakukan dengan 3 cara yaitu menggunakan nomor induk pegawai bagi anda yang berprofesi sebagai PNS, menggunakan nomor KTP dan menggunakan nomor kartu keanggotaan BPJS kesehatan.

Pengecekan SMS Gateway Menggunakan Nomor Induk Pegawai

Ketik            : NIP<SPASI>Nomor Induk Pegawai
Contoh         : NIP 12345678910
Kirim ke       : 087775500400

Pengecekan SMS Gateway Menggunakan Nomor Kartu BPJS Kesehatan

Ketik            : NOKA<SPASI>Nomor Kartu BPJS Kesehatan
Contoh         : NOKA 12345678910
Kirim ke       : 087775500400

Pengecekan SMS Gateway Menggunakan Nomor KTP

Ketik            : NIK<SPASI>Nomor Induk KTP
Contoh         : NIP 003556778990002
Kirim ke       : 087775500400

3. Cek Online Melalui BPJS Online

Salah satu metode untuk mengetahui aktif atau tidaknya kartu peserta BPJS kesehatan adalah dengan melalui website resmi BPJS kesehatan yang bisa anda akses melalui link berikut:

a. https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/

b. Silahkan copy dan paste di browser anda, kemudian masukkan nomor kartu BPJS kesehatan, tanggal lahir, angka validasi
c. Pilih "cek"

Jika sudah tepat dan keanggotaan sudah aktif maka akan keluar jumlah tagihan, tunggakan, besar iuran dan lain sebagainya.

Sayangnya untuk pengecekan online BPJS kesehatan website sering down dan tidak bisa diakses karen BPJS kesehatan tidak benar-benar serius mengurusi sistem pengecekan online ini.

4. Menghubungi Care Center BPJS Kesehatan



Cara cek menggunakan layanan panggilan telpon yaitu dengan menghubungi Care Center BPJS kesehatan di nomor 1500400. Disitu anda bisa bertanya kepada CS mengenai aktif tidaknya kartu BPJS kesehatan yang anda gunakan. Selain untuk mengetahui keaktifan kartu bisa juga untuk menyampaikan komplain dan keluh kesah mengenai permasalahan yang dialami sebagai pengguna kartu BPJS kesehatan.

Cara untuk mengecek kartu BPJS ksehatan nantinya setelah tersambung anda akan ditanya nomor kartu BPJS kesehatan dan nama pengguna. Jika sesuai maka CS akan memberitahukan kartu yang digunakan masih aktif atau sudah di non-aktifkan.

Baca Juga: Cara Mengurus Berkas Persyaratan Rawat Inap Pasien BPJS di Rumah Sakit

Demikian ulasan mengenai cara mengetahui kartu BPJS kesehatan masih aktif atau tidak. Semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya. Jika ada pertanyaan berkaitan dengan permasalahan diatas silahkan tinggalkan komentar.
Discaimer: Kami tidak bertanggung jawab dunia akhirat terhadap iklan yang tampil di blog, karena iklan berasal dari google dan blog ini hanya sebagai media. Semua penggunaan konten (video, gambar, dan teks) Gratisiana.Net diambil dari label yang bebas untuk didistribusikan. Jika Anda menemukan pelanggaran hak cipta, silahkan hubungi kontak kami. Dengan senang hati kami akan segera menghapusnya.

0 Response to "Ini Dia 4 Langkah Praktis Cek Ke-Aktifan Kartu BPJS Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel