Persyaratan dan Prosedur Membuat Kartu BPJS Kesehatan Terbaru 2018

Cara Membuat Kartu BPJS Kesehatan Terbaru - Pemerintah mewajibkan bagi seluruh warga indonesia untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Mulai pertanggal 1 Januari 2014 pemerintah melalui BUMN meresmikan BPJS Kesehatan sebagai perusahaan Jasa Kesehatan Nasional (JKN). Dengan hadirnya BPJS Kesehatan ini diharapkan seluruh warga negara indonesia mendapat layanan kesehatan yang layak.



Tidak dipungkiri dengan adanya BPJS Kesehatan ini banyak warga yang kurang mampu ikut merasakan manfaat pelayanan kesehatan dari pemerintah. Untuk warga yang kurang mampu atau warga dalam kategori miskin mendapatkan bantuan pelayanan kesehatan dari pemerintah secara gratis yang di cover oleh BPJS Kesehatan. Warga kurang mampu yang mendapatkan bantuan kesehatan adalah warga miskin yang memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Secara garis besar peserta BPJS Kesehatan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan peserta Bukan Penerima Bantuan Iuran (Non PBI).

1. Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI)

Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) adalah peserta yang tidak diwajibkan membayar iuran BPJS setiap bulanya atau gratis 100%. Kelompok PBI ini adalah mereka yang tidak mampu secara ekonomi atau warga miskin yang telah terdaftar sebagai penerima bantuan JKN.


Baca Juga: 4 Langkah Praktis Cek Ke-Aktifan Kartu BPJS Kesehatan

Cara Daftar Menjadi Peserta BPJS Kesehatan bagi Warga Miskin

Syarat paling utama adalah bahwa pendaftar PBI merupakan warga kurang mampu yang luput dari pendataan sehingga tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah. Namun bagi anda yang telah memiki Kartu Indonesia Sehat (KIS) tidak perlu lagi mendaftarkan diri menjadi peseta BPJS kesehatan.

Sebenarnya untuk menjadi penerima bantuan BPJS gratis bisa saja dilakukan dengan mengikuti alur prosedur yang ada. Berikut persyaratan yang harus di penuhi bagi warga miskin yang ingin membuat BPJS Kesehatan gratis. 
  • Membuat SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dari kelurahan
  • Fotokopi KTP dan KK terbaru
  • Surat rekomendasi Puskesmas setempat
  • Pas Foto ukuran 3 x 4 (2 lembar)
  • Lampiran Foto kondisi tempat tinggal dengan posisi depan, samping dan belakang.
Setelah berkas persyaratan diatas telah terpenuhi anda bisa datang ke Dinas Kesehatan (DinKes) kota. Jika anda terdesak segera membutuhkan bantuan maka sementara anda akan mendapatkan bantuan kartu JAMKESMASDA (Jaminan Kesehatan Masyarakat Daerah) dan dikemudian hari biasanya secara otomatis anda akan terdaftar menjadi penerima bantuan BPJS gratis

2. Peserta Bukan Penerima Bantuan Iuran (Non PBI)

Peserta BPJS Kesehatan Non PBI adalah mereka yang diwajibkan membayar iuran setiap bulanya dengan harga bervariasi sesuai dengan tingkatan kelas peserta BPJS itu sendiri. Untuk detail iuran yang harus dibayar oleh peserta BPJS kesehatan non PBI silahkan baca: Tarif Iuran Anggota BPJS Kesehatan dan Denda Keterlambatan Pembayaran Terbaru

Peserta BPJS Kesehatan Non PBI sendiri dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu:

a. Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU)

Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) adalah mereka yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), Anggota POLRI, Anggota TNI, Pejabat Negara, Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri, Sekolah dan Karyawan Sebuah Instansi atau Perusahaan Swasta.

Cara Membuat BPJS Kesehatan bagi Pegawai, Karyawan dan Mandiri

  • Datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan 
  • Mengisi formulir pendaftaran 
  • Fotokopi KK (kartu keluarga)
  • Fotokopi KTP
  • Membawa Pas Foto 3x4 (tiap anggota keluarga) kecuali anak/bayi
  • Meminta kepada BPJS Kesehatan  surat keterangan aktif di badan usaha atau instansi terkait. 
Biasanya bagi anda yang bekerja di sebuah instansi atau perusahaan pembayaran dilakukan secara otomatis oleh bendahara perusahaan atau instansi terkait dengan cara potong gaji.

b. Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)

Peserta BPJS Kesehatan PBPU adalah peserta perorangan bukan pegawai atau karyawan sebuah perusahaan maupun instansi.

Pendaftaran Peserta BPJS Kesehatan yang tidak termasuk kelompok PBI maupun PPU dapat melakukan pengurusan langsung secara mandiri di setiap kantor cabang BPJS Kesehatan yang ada di seluruh Indonesia. Adapun persyaratanya adalah sebagai berikut:
  • Mengisi Formulir Daftar Isian Peserta (DIP) yang telah di sediakan oleh pihak BPJS Kesehatan
  • Fotokopi (KK) Kartu Keluarga 
  • Fotokopi KTP/Paspor satu lembar (semua anggota yang sudah berKTP)
  • Fotokopi Buku Tabungan 
  • Pasfoto berwarna dengan ukuran 3×4 
C. Bukan Pekerja (BP)

Peserta Bukan Pekerja adalah kelompok yang termasuk dalam kategori Investor, Pemilik Badan Usaha atau perusahaan, Perintis Kemerdekaan, Veteran Perang, Janda / duda atau anak yatim piatu dari veteran atau perintis kemerdekaan, Penerima Pensiunan (Anggota TNI/Polri sebagai penerima pensiun, Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai penerima pensiun), janda/duda beserta anak yatim dari penerima pensiun yang mendapatkan hak pensiun) dan yang mendapat hak bukan pekerja tapi mampu membayar iuran.

Cara pendaftaran kelompok Bukan Pekerja adalah sebagai berikut: 
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi KTP/Paspor masing-masing satu lembar
  • Fotokopi Buku Tabungan salah satu peserta penanggung jawab yang di dalam KK
  • Pasfoto berwarna 3 x 4, masing-masing sebanyak satu lembar.
Jika persyaratan sudah lengkap anda bisa langsung mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat yang ada di kota anda. Jangan lupa untuk mendaftarkan seluruh anggota keluarga yang tercantum di dalam KK.




Demikian ulasan mengenai prosedur dan persyaratan Mendaftar BPJS Kesehatan. Semoga bermanfaat untuk pembaca semua yang ingin mendaftarkan diri maupun keluarga mejadi peserta BPJS Kesehatan.
Discaimer: Kami tidak bertanggung jawab dunia akhirat terhadap iklan yang tampil di blog, karena iklan berasal dari google dan blog ini hanya sebagai media. Semua penggunaan konten (video, gambar, dan teks) Gratisiana.Net diambil dari label yang bebas untuk didistribusikan. Jika Anda menemukan pelanggaran hak cipta, silahkan hubungi kontak kami. Dengan senang hati kami akan segera menghapusnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Persyaratan dan Prosedur Membuat Kartu BPJS Kesehatan Terbaru 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel