Artikel Blog Anda Dicopas ? Berikut Keuntungan Bagi Blog Anda

Phobia akan perlakuan copaser artikel menjadikan beberapa blogger sangat protektif dengan blog yang mereka kelola. Memang sangat menyakitkan ketika artikel yang telah susah payah dibuat tiba-tiba dicopas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Terlebih lagi beberapa copaser nakal yang tidak mencantumkan sumber artikel yang telah mereka copas.

Fenomena ketakutan itu bisa kita lihat ketika kita mengunjungi sebuah blog yang memiliki security anti copas atau peringatan keras dilarang copas. Padahal beberapa pembaca ingin melakukan copas tidak selalu dijadikan bahan postingan sebuah blog melainkan dikarenakan sangat membutuhkan artikel tersebut sebagai bahan referensi membuat tugas seperti tugas sekolah maupun perkuliahan.


Baca Juga: Cara Membuat Privacy Policy di Blog Secara Mudah dan Otomatis

Bagaimana jika posisi kita terbalik menjadi seorang pembaca yang mana sedang membutuhkan sebuah artikel untuk keperluan tugas sedangkan blog dengan artikel yang kita butuhkan memiliki anti copas, tentunya sangat menjengkelkan bukan ?

Hakikat Seorang Blogger

Blogger adalah seseorang yang  beprofesi sebagai penulis menggunakan media blog dengan tujuan untuk berbagi berdasarkan skill, pengalaman dan ilmu yang mereka pahami kepada setiap pembaca blog tersebut. Karena tujuan utama seorang blogger adalah berbagi, sangat naif jika seorang blogger memasang anti copas di blog-blog yang mereka kelola.

Kenyataanya blog populer indonesia seperti juragancipir.com, maxmanroe.com, dan beberapa blog populer lainya tidak memasang anti copas di blog mereka. Artinya mereka benar-benar memahami maksud dan tujuan seorang blogger adalah berbagi kepada siapapun.

Apakah Bahaya Blog yang Telah Dicopas Artikelnya ?

Bahaya yang terjadi terhadap blog yang terkena copas, admin rasa lebih berbahaya ketika seorang blogger mengalami trauma karena takut artikel mereka dicopas sehingga memasang anti copas dan bahkan dengan kalimat-kalimat peringatan yang cukup galak.

"Boro-boro copas baru klik kanan saja sudah di kata-katain...."

Akhirnya beberapa pembaca langsung kabur dan malas untuk datang kembali ke blog anda. Dengan perginya pembaca karena kecewa maka sama halnya jika anda seorang pedagang anda mengalami kerugian karena sudah kehilangan pembeli yang sudah rela berkunjung ke toko anda.

"Mbah Google Mboten Sare..."

Beberapa guyonan jawa diatas sering dilontarkan oleh teman-teman blogger yang maknanya adalah google tidak pernah tidur, artinya google tak sebodoh yang kita bayangkan. Sebagai mesin pencari number one didunia maya tentunya google memiliki sistem canggih untuk mendeteksi plagiat sebuah artikel.

Blog dengan konten copas cendrung diabaikan oleh mesin pencari seperti google, sehingga sulit sekali untuk muncul di halaman pencarian. Toh, jika masih bisa lolos dari deteksi plagiat google, kita masih bisa melaporkanya ke DMCA.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Membangun Blog Menggunakan Blogger.com


Apa Saja Keuntungan Blog yang Telah Dicopas ?

1. Backlink Gratis

Terkadang orang yang suka copas adalah orang yang masih awam tentang dunia blogging sehingga tidak peduli dengan artikel yang telah dicopas, tanpa di edit dan tanpa pikir panjang langsung di publish. Jika artikel copas tesebut terdapat link yang mengarah ke blog kita maka keuntunganya adalah blog mendapatkan backlink dari artikel blog copaser tersebut.

2. Artikel Bermanfaat

Seseorang melakukan copas bisa jadi artikel yang dibaca adalah artikel yang sangat bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain. Tidak jarang karena merasa artkel yang mereka baca sangat bermanfaat sehingga pembaca melakukan copas kemudian di bagikan ke keberapa media sosial.

Semakin banyak yang melakukan share maka traffic blogpun akan semakin meningkat apalagi jika artikel tersebut viral. Maka blog anda bisa saja kebanjiran pengunjung.

3. Promosi Blog

Beberapa blogger maupun media jurnalistik juga tak jarang melakukan copas tetapi mereka biasanya menyisipkan sumber artikel yang telah dicopas. Terutama blog umum yang cukup populer seperti kompasiana, banyak sekali artikel yang telah dicopas yang hal tersebut menjadi salah satu media promosi gratis blog populer tersebut.

4. Belajar Sabar

Mungkin beberapa copaser belum memahami dampak negatif terhadap kegiatan copas yang mereka lakukan, baik untuk blog mereka sendiri maupun blog yang dicopas. Jika anda tidak tahan blog anda tekena copas sebenarnya bisa saja melaporkanya ke DMCA agar blog tesebut terkena deindex mesin pencari.

Namun setahu admin, blog hasil copas tidak akan dipedulikan oleh google. Jika blog copas tersebut bisa berada di halaman google admin yakin tidak akan bertahan lama hingga mesin pencari seperti google mendeteksi bahwa artikel tersebut adalah hasil plagiat. Bagaimana dengan pendapat anda ?

0 Response to "Artikel Blog Anda Dicopas ? Berikut Keuntungan Bagi Blog Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel