Ini Dia Perawatan Gigi yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Perawatan Gigi BPJS Kesehatan - BPJS Kesehatan adalah program jaminan kesehatan nasional (jkn) pemerintah yang diwajibkan kepada seluruh warga indonesia untuk tergabung dalam keanggotaan BPJS Kesehatan, meskipun kewajiban tersebut tidak bersifat mengikat.

Dengan mengikuti program BPJS Kesehatan, pemerintah berharap seluruh rakyat indonesia mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak. Setiap anggota berhak mendapat pelayanan kesehatan, termasuk diantaranya pelayanan kesehatan gigi.

Sebagian besar masyarakat enggan berobat ke dokter gigi. Faktor penyebabnya pun bermacam-macam mulai dari ketidak pedulian dengan kesehatan gigi hingga faktor ekonomi karena ongkos untuk perawatan dan pengobatan gigi memang sedikit lebih tinggi dibanding penyakit umum.

Apakah perawatan gigi sepenuhnya di tanggung oleh BPJS kesehatan ? Pertanyaan ini sering di tanyakan oleh beberapa pasien BPJS Kesehatan yang ingin berobat menggunakan kartu BPJS Kesehatan untuk kesehatan dan perawatan gigi.


Baca Juga: Tarif Iuran Anggota BPJS Kesehatan dan Denda Keterlambatan Pembayaran Terbaru

Perlu diketahui, ternyata tidak semua perawatan gigi di tanggung oleh BPJS Kesehatan, sesuai dengan peraturan BPJS Kesehatan nomor 1 Tahun 2014 Pasal 52 ayat 1, diantara beberapa perawatan gigi yang ditanggung BPJS kesehatan adalah sebagai berikut.

1. Administrasi pelayanan terdiri atas biaya pendaftaran pasien dan biaya administrasi lain yang terjadi selama proses perawatan atau pelayanan kesehatan pasien.
2. Pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis.
3. Pre-medikasi.
4. Kegawat daruratan ortodental
5. Pencabutan gigi sulung (topikal, infiltrasi).
6. Pencabutan gigi permanen tanpa penyulit.
7. Obat pasca ekstraksi
8. Tumpatan komposit / GIC
9. Scaling gigi ( pembersihan karang gigi )

Lalu kenapa ketika ada beberapa pasien yang melakukan perawat gigi menggunakan kartu BPJS Kesehatan masih terkena biaya ???

Dari beberapa kasus pasien yang terkena tambahan biaya saat melakukan kontrol gigi adalah pemeriksaan dan perawatan yang tidak tercover peraturan pemerintah diatas. Seperti pemberian gigi palsu tidak termasuk perawatan yang ditanggung BPJS Kesehatan.


Baca Juga: Ini Dia Perbedaan Fasilitas BPJS Kesehatan Kelas I, II dan III


Demikian ulasan tentang perawatan gigi yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Dengan adanya informasi ini semoga bisa memberikan manfaat bagi anda yang belum memahami ketentuan BPJS Kesehatan dalam perawatan gigi. Jika dirasa artikel ini bermanafaat, silahkan share atau bagikan agar bermanfaat untuk pembaca lainya. Terimakasih !

0 Response to "Ini Dia Perawatan Gigi yang Ditanggung BPJS Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel