GRATIS ! INFO SEPUTAR WIRAUSAHA -Klik Disini-

Advertisment

Prosedur dan Syarat Persalinan Menggunakan BPJS Kesehatan

Persalinan Menggunakan BPJS Kesehatan - Persiapan proses melahirkan bagi ibu hamil membutuhkan biaya yang tidak sedikit, mulai dari perlengkapan bayi hingga biaya melahirkan.

Jika dahulu disaat masih jarang sekali tenaga medis tidak seperti sekarang. Banyak Ibu hamil yang mengandalkan tenaga dukun untuk penanganan proses melahirkan.

Namun, secara medis persalinan jika dengan mengandalkan dukun tentunya sangat beresiko bagi ibu hamil maupun bagi jabang bayi. Oleh karena itu persalinan dengan didampingi tenaga medis diwajibkan oleh pemerintah (DINKES) bagi seluruh ibu yang hendak melahirkan.



Sayangnya proses melahirkan yang di dampingi tenaga medis seperti dokter dan bidan membutuhkan biaya yang terbilang tidak murah. Bagi masyarakat ekonomi menengah kebawah, tentunya hal ini menjadi beban tersendiri terhadap keuangan keluarga.

Oleh karena itu cara terbaik untuk bisa melahirkan dengan biaya persalinan yang lebih murah dan efisien, adalah dengan cara mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan untuk proses melahirkan.

#3. Cara Persalinan Menggunakan Kartu BPJS Kesehatan

Bagi Anda bumil yang ingin melahirkan menggunakan BPJS Kesehatan, sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Hanya saja karena ketidak tahuan mengakibatkan banyak yang memilih jalur umum dalam proses persalinan.

Langkah-langkah yang harus dipesiapkan dalam menggunakan BPJS Kesehatan untuk persalinan adalah sebagai berikut.

1. Jika Anda belum terdaftar menjadi anggoga BPJS Kesehatan hendaknya mendaftar sedini mungkin karena keanggotaan baru akan aktif setelah 14 hari pendaftaran.
2. Persalinan hanya dapat dilakukan ditempat medis faskes pertama yang bermitra dengan BPJS Kesehatan seperti bidan, klinik, puskesmas atau dokter keluarga.
3. Biaya yang ditanggung BPJS Kesehatan untuk persalinan normal adalah 600 rb rupiah
4. Jika terjadi gawat darurat maka pengguna BPJS akan dirujuk ke Faskes lanjutan.
5. Secara otomatis Faskes pertama akan memberikan rujukan ke Faskes lanjutan (rumah sakit)

Berkas yang Harus Disiapkan

Adapun berkas yang harus dibawa saat akan mendaftar proses melahirkan menggunakan BPJS kesehatan adalah sebagai berikut :
  • Fotocopy KTP dan asli ibu hamil
  • Fotocopy Kartu BPJS dan asli Ibu Hamil
  • Fotocopy kartu keluarga (KK)
  • Surat rujukan dari Faskes tingkat pertama

Kesimpulan: 

Persalinan Menggunakan BPJS Kesehatan hanya bisa dilakukan secara berjenjang. Mulai dari fakes pertama hingga diteruskan ke faskes lanjutan ketika fasilitas faskes pertama tidak memadai.

Jika persalinan normal dan tidak ada masalah, biaya yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan adalah senilai Rp. 600.000 dan ini berlaku setiap kali melahirkan alias tidak ada batasan berapa kali melahirkan.

Demikian informasi mengenai prosedur dan syarat persalinan menggunakan BPJS Kesehatan. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Jika dirasa artikel ini bermanfaat silahkan SHARE/BAGIKAN agar menambah manfaat untuk pembaca yang belum tahu informasi ini. Terimakasih !

Buka KomentarTutup Komentar