GRATIS ! INFO SEPUTAR WIRAUSAHA -Klik Disini-

Advertisment

Prosedur dan Syarat USG Ibu Hamil Menggunakan KIS dan BPJS Kesehatan

USG Kehamilan BPJS Kesehatan - Semua penerima KIS (Kartu Indonesia Sehat) dan JAMKESMAS bantuan dari pemerintah tergabung dalam jkn (jaminan kesehatan nasional) dibawah naungan menejemen BPJS Kesehatan yang diawasi oleh pemerintah secara langsung.

Bagi ibu hamil yang menggunakan KIS maupun JAMKESMAS, prosedur dan tata cara USG kehamilan sama dengan pengguna BPJS Kesehatan. Untuk Anda yang ingin menggunakan kartu BPJS Kesehatan hanya sekedar untuk periksa kandungan, silahkan baca artikel sebelumnya: (Periksa Kandungan Menggunakan BPJS Kesehatan)

#2. Syarat Ketentuan USG Kehamilan Menggunakan BPJS Kesehatan

Ketentuan penggunaan BPJS Kesehatan untuk periksa USG kehamilan sesuai dengan kebijakan BPJS Kesehatan adalah sebagai berikut:
Seluruh peserta KIS, JAMKESMAS dan BPJS Kesehatan apabila terindikasi medis diharuskan untuk USG dan sesuai dengan prosedur pelayanan berjenjang, maka peserta tersebut diharuskan mendapatkan fasilitas USG tersebut. Apabila ada penolakan dari pihak Rumah Sakit, silahkan menghubungi BPJS Center yang berada di Rumah Sakit tersebut.


Adapun berkas yang menjadi persyaratan USG kehamilan menggunakan BPJS Kesehatan diantaranya adalah:
  1. Surat rujukan dari faskes tingkat pertama
  2. KTP Asli dan fotocopy 
  3. Kartu BPJS Kesehatan/KIS asli dan Fotocopy 
  4. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  5. Buku kontrol ibu dan anak (dari puskesmas/bidan)
Kesimpulan: 

USG Kehamilan hanya bisa di tanggung oleh BPJS Kesehatan manakala USG tersebut bersifat darurat yang dilakukan berdasarkan rekomendasi dari dokter atau Faskes Tingkat Pertama. Jika anda ingin melakukan USG tanpa rekomendasi atau rujukan dari dokter atau Faskes terkait maka Anda diwajibkab membayar sendiri.

Baca Selanjutnya: Prosedur dan Syarat Persalinan Menggunakan BPJS Kesehatan

Buka KomentarTutup Komentar