Plus Minus Menggunakan Template AMP HTML

Kelebihan dan kekurangan Template AMP HTML - AMP (Accelerated Mobile Pages) yang baru di luncurkan bulan februari 2016 menjadi perhatian bagi semua blogger baik dalam maupun luar negri. Google AMP mampu menimalisir JavaScript, CSS dan HTML di halaman mobile sehingga loading halaman menjadi sangat cepat ketika diakses menggunakan perangkat selluler.

Google mengklaim kecepatan loading ketika mengakses halaman AMP memiliki kecepatan kurang dari 1 detik dengan penggunaan data lebih hemat 10 kali lipat dibanding halaman non AMP. Terbukti situs pengguna template AMP memiliki loading sangat cepat dan ringan saat diakses versi mobile.

Semua situs halaman yang telah tervalidasi Google AMP di tandai dengan ikon petir saat diakases menggunakan perangka mobile, hal ini sangat menarik bagi para pengguna mesin pencari untuk mengetahui situs mana yang memiliki kecepatan loading tinggi saat dibuka menggunakan browser.

Kelebihan Template Blogger AMP

Platform AMP HTML untuk template blogger juga mulai banyak dikembangkan oleh para creator template seperti Mas Adhy Kompi Ajaib, Arlina Dezign, Goomsite dan Bung Frangki. Beberapa template bisa Anda gunakan secara gratis. 


Lalu apa saja kelebihan yang terdapat pada template AMP HTML ? berikut ini adalah beberapa nilai plus template blogger AMP.
  1. Memiliki loading super fast sehingga meningkatkan performa blog
  2. Mengoptimalkan SEO blog milik Anda
  3. Meningkatkan jumlah visitor
  4. Page view blog semakin meningkat
  5. Memiliki nilai plus dimata mesin pencari, karena alogaritma google saat ini lebih mengutamakan blog AMP demi kepuasan pembaca
Selain memiliki kelebihan tentunyan template AMP HTML juga memiliki beberapa kekurangan. Diantara kekurangan template AMP HTML adalah sebagai berikut.
  1. Template AMP Tidak cocok untuk blog lama karena gambar di setiap postingan blog harus di setting secara manual agar tervalidasi AMP, hal ini tidak mungkin dilakukan jika postingan gambar di blog Anda sudah mencapai ratusan. Kecuali jika Anda mau bersusah payah melakukan editing satu persatu halaman blog Anda.
  2. Untuk mempertahankan agar tetap valid sangatlah susah terutama jika Anda memasang skrip tertentu, jika skrip tersebut tidak singkron dengan tag AMP, maka halaman blog Anda tidak akan tervalidasi AMP.
  3. Belum banyak pengembang maupun creator yang memberikan tutorial mengenai penggunaan template blog AMP. Seperti contoh pembuatan "Recent Post" sampai saat artikel ini ditulis belum ada tutorial tentang cara membuat recent post untuk blog AMP.

Apa Pengaruh AMP HTML Terhadap Publisher Adsense ?

Merujuk salah satu situs populer yang berkutat dalam bidang SEO yakni MOZ, penggunaan Google AMP sangat berpengaruh terhadap SEO dan Penghasilan Adsense. Berikut 5 kelebihan menggunakan Google AMP bagi para publisher google adsense.

#1. Menaikkan Posisi Serp Google

Halaman situs yang memiliki konten berkualitas dan telah menggunakan google AMP akan lebih mudah memiliki peringkat tinggi di serp google.

#2. Dapat Dimodifikasi Secara Bebas

Google AMP bersifat Open Source tebuka bagi siapa saja yang ingin mengembangkan AMP menjadi lebih baik. Memungkinkan bagi pihak ketiga maupun pengembang yang ingin melakukan modifikasi agar  google AMP dapat digunakan lebih baik.

#3. Meningkatkan Penghasilan Adsense

Meningkatkan Search Impression yang berdampak postif terhadap penghasilan google adsense.

#4. Bebas Untuk Publisher Manapun

Dapat digunakan semua publisher dan tidak terbatas bagi publisher tertentu seperti iklan adsense. 

#5. Perkembangan Tool Analytic Meningkat

Dengan munculnya Google AMP, tool analytic mulai banyak dikembangkan seperti Adobe Analytics, comScore, Parse.ly, and Chartbeat.

Bagaimana tertarik menggunakan template AMP HTML ? kalau Admin pribadi untuk blog lama tetap menggunakan template non AMP. Sedangkan blog baru baru memilih menggunakan template blog AMP HTML seperti blog yang Admin buat (Home Decor)

Demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan template blog AMP HTML. Semoga dapat memberikan pencerahan bagi Anda yang hendak menggunakan template blog AMP. Terimakasih !

0 Response to "Plus Minus Menggunakan Template AMP HTML"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel