Solusi Memori HP Android Cepat Penuh Padahal Aplikasi Sudah Dihapus

Memori Internal Hp Android Cepat Penuh - Beberapa hari yang lalu ada salah satu teman Admin yang mengeluh akibat smartphone android yang dia miliki tidak bisa lagi download aplikasi, menyimpan gambar dan mengambil foto kamera dengan alasan memori internal telah penuh.

Selain peringatan memori internal telah penuh agar bisa menyimpan gambar, video maupun aplikasi haruslah menghapus beberapa file tersebut. Bagi smartphone dengan kapasitas penyimpanan memori ukuran kecil kondisi tersebut sangatlah wajar karena ruang penyimpanan memang sangat terbatas.

Berbeda jika smartphone android dengan spesifikasi penyimpanan memori internal cukup besar namun masih mengalami masalah memori internal cepat penuh padahal sedikit aplikasi maupun file didalam memori, tentunya hal tersebut sangatlah tidak wajar. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah tersebut kita harus mencari tahu penyebab memori smartphone android cepat penuh.

Masalah yang terjadi pada sistem Hp Android, sering diakibatkan kurangnya perhatian dari pemilik HP itu sendiri. Mungkin sebagian dari Anda lebih fokus dengan perawatan penampilan luar smartphone, namun perlu di ingat bahwa perawatan HP tidak cukup hanya perawatan fisik saja. Ibarat manusia smartphone android juga membutuhkan perawatan internal.

Peyebab Memori Smartphone Android Cepat Penuh

Beberapa masalah internal smartphone android yang sering terjadi yang berakibat memori cepat penuh Adalah sebagai berikut:
  1. Penyimpanan cache yang menumpuk
  2. Terlalu banyak menyimpan aplikasi yang sebenarnya tidak begitu penting
  3. Salah download aplikasi di internet 
  4. Crash pada sistem Android
  5. Salah penyetingan ruang penyimpanan
  6. Aplikasi Error atau bermasalah
  7. Banyaknya file sampah di memori smartphone

Solusi Mengatasi Memori Cepat Penuh di HP Android

Untuk mengatasi beberapa masalah penyebab memori cepat penuh padahal sudah menghapus aplikasi dan beberapa file adalah sebagai berikut.

1. Hapus cache di smartphone Anda, silahkan klik Setelan >> Penyimpanan >> Hapus Cache >> Oke



Atau jika Anda ingin menghapusnya secara otomatis silahkan baca: Cara Mempercepat Kinerja HP Android Agar Tidak Lemot

2. Setting penyimpan memori

Jika memori internal Anda lebih besar lebih baik tidak usah memakai memori eksternal sehingga penyimpanan otomatis masuk kedalam memori internal. Atau jika ingin menggunakan memori eksternal Anda bisa melakukan setting ke penyimpanan internal maupun eksternal sesuai mana yang Anda inginkan. Asalkan ruang memori tersebut masih kosong.

3. Hapus file sampah yang Ada dalam folder memori smartphone Anda. Biasanya setelah melakukan uninstall ada beberapa sisa sisa file bekas aplikasi tersebut yang masih tersimpan di memori smartphone android.

4. Hapus gambar, video dan aplikasi yang tidak terpakai

5. Kembali kepengaturan pabrik, atau install ulang jika cara-cara diatas (1-4) sudah tidak mempan lagi.

Setelah menjalankan langkah-langkah diatas namun tidak ada perubahan alias hp masih saja mengeluarkan notifikasi memori penyimpanan telah penuh, bisa jadi memori penyimpanan yang terdapat pada smartphone Anda telah mengalami kerusakan.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Menghemat Kuota Data Internet di Smartphone Android

Demikian informasi mengenai cara mengatasi hp android cepat penuh padahal penyimpanan masih kosong. Semoga bermanfaat, terimakasih atas kunjungannya. Jika informasi ini bermanfaat, jangan lupa share.
Discaimer: Kami tidak bertanggung jawab dunia akhirat terhadap iklan yang tampil di blog, karena iklan berasal dari google dan blog ini hanya sebagai media. Semua penggunaan konten (video, gambar, dan teks) Gratisiana.Net diambil dari label yang bebas untuk didistribusikan. Jika Anda menemukan pelanggaran hak cipta, silahkan hubungi kontak kami. Dengan senang hati kami akan segera menghapusnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Solusi Memori HP Android Cepat Penuh Padahal Aplikasi Sudah Dihapus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel