Review Penghasilan: Youtuber Vs Blogger Mana yang Lebih Menjanjikan ?

Youtuber Vs Blogger - Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi tentang seorang newbie dalam menghasilkan pundi-pundi dollar adsense. Jika yang Anda kejar adalah materi, mungkin artikel ini bisa menjadi pertimbangan untuk Anda sebelum menerjuni dunia adsense, apakah youtuber atau blogger ?

Selain youtuber dan blogger, cara lain untuk menghasilkan dollar dari google adsense adalah admob, namun sayangnya tidak semua orang bisa bermain admob. Meskipun banyak pemain admob yang mengandalkan source code orang lain atau reskin aplikasi. Akan tetapi cara ini tetap membutuhkan skill, minimal paham aplikasi dasar sejenis android studio dll . 

Oleh karena itu, yang akan Admin fokuskan adalah pembahasan mengenai youtuber vs blogger. Karena memang kedua platform inilah yang mudah dan banyak digunakan serta mudah dipelajari, sekalipun orang yang masih awam mengenai blog maupun youtube.

Youtuber Vs Blogger 
Source Image: istockphoto.com

Tingkat Kesulitan Seorang Blogger


Ditinjau dari segi tingkst kesulitan, menjadi seorang blogger jauh lebih sulit dibanding menjadi seorang youtuber. Apa saja tingkat kesulitan seorang blogger ?

#1. Riset Keyword

Seorang blogger wajib memahami tentang cara riset keyword yang benar jika ingin blog yang ia kelola ramai pengunjung. Sedangkan untuk membuat video di youtube agar banyak dilihat orang, riset keyword bukan hal yang wajib.

Baca Juga: Cara Mengetahui Nilai CPC dan Volume dengan Keywords Everywhere

#2. Paham SEO

Belajar ilmu SEO adalah trik yang tidak bisa ditinggalkan oleh seorang blogger, karena pengunjung paling utama bagi seorang blogger adalah berasal dari mesin pencari. Berbeda dengan video youtube, video yang telah kita buat akan ditampilkan atau direkomendasikan oleh youtube. Jika video tersebut memiliki topik yang sama dengan video yang kita  buat maka tidak menutup kemungkina video yang kita buat akan tampil secara otomatis.

#3. Bahaya Penalty Mesin Pencari

Alogaritma google yang sering berubah-ubah dengan update terbarunya, juga meneyebabkan frustasi para blogger. Apalagi jika blog yang telah memiliki trafik tinggi tiba-tiba trafiknya hancur atau mengalami down akibat terkena penalty dari google. Sedangkan untuk membangun sebuah blog butuh tenaga dan biaya yang tidak sedikit.

#4. Sewa Hosting

Agar blog bisa terus eksis, blog membutuhkan domain dan sewa hosting, jika trafik blog sudah mencapai puluhan ribu pengunjung. Tentunya membutuhkan biaya sewa hosting yang lebih besar agar tidak mudah down. Kecuali jika blog memakai platform gratisan. Namun blog gratisan juga beresiko tinggi seperti blog tiba-tiba dihapus tanpa adanya peringatan.

Baca Juga: Cara Membuat Blog Gratis Menggunakan Blogspot.com

#5. Memahami Kaidah Menulis

Menjadi seorang blogger setidaknya harus memahami metode penulisan yang baik dan benar agar artikel yang telah ditulis mudah dipahami oleh para pembaca. Hal ini tidak dibutuhkan ketika menjadi seorang pemain youtube.

Setelah Admin membahas panjang lebar mengenai kesulitan menjadi seorang blogger, agar lebih adil selanjutnya Admin akan membahas mengenai kesulitan menjadi seorang youtuber.

Tantangan Seorang Youtuber


Dalam dunia peryoutuban sendiri terdapat beberapa tipe youtuber, disini Admin mengartikan youtuber adalah pemain youtube entah itu pemain murni maupun tukang reupload.

Lalu apa sajakah kesulitan menjadi seorang youtuber ?

#1. Sambungan Internet

Untuk bermain youtube diperlukan sinyal internet yang cukup besar guna untuk upload video, tentunya butuh modal yang cukup untuk pasang wifi maupun harus membeli voucher  wifi atau kartu kuota internet. Untuk mensiasati agar tidak tekor, banyak youtuber pemula yang mencari wifi gratisan seperti wifi kampus maupun wifi milik tetangga.

#2. Sistem PC/Laptop Yang Mumpuni

Untuk menjalankan software editing video seperti sony vegas pro, after efect, adobe premier dan software editing video lainya. Setidaknya dibutuhkan komputer maupun laptop dengan spesifikasi yang cukup mumpuni untuk proses editing dan rendering agar bisa berjalan dengan baik. Tentunya hal ini sangat memberatkan bagi seorang youtuber pemula dengan modal pas-pasan karena harus menabung untuk bisa membeli PC maupun laptop yang cukup mumpuni.

#3. Banned Akun Youtube

Mungkin ini hanya berlaku bagi youtuber yang suka main kucing-kucingan dengan youtube. Mengupload video vulgar, adu domba, isu sara maupun yang suka reupload video orang lain haruslah siap mental jika harus terkena banned akun. Untuk pemain murni atau konten kreator insyaallah aman dari suspend jika video yang dibuat benar-benar murni dan tidak terkena hak cipta.

#4. Persyaratan Menjadi Partner Youtube

Youtube menerapkan aturan yang cukup ketat kepada youtuber yang ingin menjadi penayang iklan google adsense. Diantaranya adalah channel harus memiliki 1000 subscriber dan 4000 tayang dalam jangka 12 bulan. Tentunya tantangan tersebut tidak mudah bagi para pemula. Tidak heran jika banyak yang bermain sub4sub agar video bisa segera di monetisasi.

Pengalaman Pribadi Blogger Vs Youtuber


Nah sobat, ini adalah pengalaman pribadi Admin dengan salah satu teman Admin seorang youtuber. Tepatnya teman Admin ini adalah tukang reupload. Selama menekuni dunia youtube dalam jangka 1 tahunan teman Admin ini sudah memiliki penghasilan sebesar Rp. 10000000 juta rupiah dari channel youtube miliknya. Hitung sendiri nolnya yah, hehe.

Berbeda dengan Admin, untuk bisa gajian saja butuh waktu 3 hingga 4 bulan baru bisa gajian. Itupun nominalnya jauh sekali dibanding penghasilan teman Admin. Namun berapapun penghasilan yang Admin dapatkan, Admin tetap bersyukur karena ngeblog bagi Admin bukan hanya sekedar materi namun juga hobi dan passion.

Kesimpulan

Menjadi youtuber atau blogger adalah pilihan masing-masing individu. Namun dari pengalaman pribadi, untuk Anda yang ingin mengeruk dollar adsense dengan cepat tanpa harus pikir pusing tentang riset keyword, SEO dan tetek bengeknya. Menjadi youtuber adalah pilihan yang wajib untuk dicoba.

Demikian ulasan mengenai blogger vs youtuber. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang penasaran atau sedang bimbang antara menjadi seorang blogger atau youtuber
Discaimer: Kami tidak bertanggung jawab dunia akhirat terhadap iklan yang tampil di blog, karena iklan berasal dari google dan blog ini hanya sebagai media. Semua penggunaan konten (video, gambar, dan teks) Gratisiana.Net diambil dari label yang bebas untuk didistribusikan. Jika Anda menemukan pelanggaran hak cipta, silahkan hubungi kontak kami. Dengan senang hati kami akan segera menghapusnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Review Penghasilan: Youtuber Vs Blogger Mana yang Lebih Menjanjikan ? "

  1. Kalau sudah berhasil memenuhi persyaratan 4000 jam dan 1000 subscribe, maka youtube menjadi pilihan yang paling baik untuk mendulang dollar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kang, minat baca masyarakat indonesia juga sangat rendah. Bagi saya pribadi ngbelog hanya sekedar hobi.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel