7 Tips Aman Jual Beli Online Melalui FB (Facebook)

Cara Jual Beli Online di FB yang Aman - Facebook merupakan media sosial dengan pengguna terbesar di dunia. Facebook sudah seperti menjadi dunia baru bagi sebagian orang. Indonesia sendiri menempati urutan terbesar ke empat di dunia sebagai negara pengguna facebook. Oleh karena itu tidak heran jika facebook digunakan masyarakat untuk berbagai macam kegiatan, diantaranya adalah jual beli online di FB.

Jual beli online di facebook kini dinilai lebih mudah terutama untuk yang ingin transaksi COD atau bayar ditempat. Biasanya diberbagai tempat atau daerah memiliki sebuah grup tersendiri untuk transaksi jual beli online khusus area tersebut.

Facebook sering digunakan untuk media promosi bisnis online. Tidak jarang kita jumpai aktivitas promosi melalui media facebook yang berseliweran di time line akun FB kita. Namun sayangnya, facebook juga sering digunakan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab untuk tindak kejahatan penipuan.

Oleh karena itu, sebelum Anda melakukan transaksi jual beli online, hendaknya lebih teliti dan waspada terhadap adanya tindak kejahatan penipuan online. Para penipu memilih facebook untuk melancarkan aksinya karena facebook memiliki mangsa pasar yang luas, mudah membuat akun palsu dan gratis untuk digunakan.



Cara Aman Jual Beli Online di Facebook

Saat ini terdapat tempat jual beli online terpercaya untuk transaksi jarak jauh. Bagi Anda yang belum terlalu paham jual beli online dan takut tertipu, alangkah baiknya menggunakan marketplace untuk kegiatan jual beli. Mungkin  Anda pernah mengalami kasus penipuan jual beli online di facebook yang kadang menjadikan trauma untuk melakukan kegiatan jual beli online kembali. 

Baiklah, kali ini saya akan memberikan beberapa tips bagi Anda yang hendak jual beli di facebook agar terhindar dari tindak kejahatan yang marak terjadi di dunia online. 

#1. Membawa Teman Ketika COD-an

Saat Anda hendak melakukan kegiatan jual beli di facebook dengan sistem COD, pastikan Anda membawa teman saat transaksi. Hal ini untuk berjaga-jaga ketika terjadi tindak kejahatan seperti begal maupun hipnotis. 

#2. Bertemu di Lokasi yang Rame

Ingatlah, lawan transaksi Anda di facebook adalah orang yang baru Anda kenal. Anda tidak tahu latar bekang orang tesebut. Maka dari itu, Anda harus tetap waspada dari segala bentuk tindak kejahatan. Ketika di facebook telah janjian untuk COD-an. Maka Anda harus menentukan lokasi yang aman untuk transaksi seperti tempat rame yang banyak dilewati orang. Contoh perempatan, cafe, restoran dll.

Baca Juga: 5 Situs Online yang Bisa COD (Bayar Ditempat)

#3. Melihat Profil Pengguna Facebook Secara Detail

Saat ini banyak akun klonengan atau akun facebook palsu yang sering disalah gunakan untuk penipuan. Jika Anda hendak bertransaksi jual beli online jarak jauh melalui facebook, maka Anda harus memastikan bahwa akun tersebut bukan akun FB bodong atau palsu.

Ciri-ciri akun facebook palsu adalah sebagian besar foto yang digunakan bukan foto asli. Selain itu juga akun FB palsu tidak ada komentar teman atau sahabat yang real. Namun terkadang juga ada beberapa akun facebook milik orang yang telah dibajak dan disalah gunakan.

#4. Menggunakan Jasa Rekber 

Rekening Bersama (REKBER) adalah istilah yang digunakan oleh para pelaku jual beli online sebagai jasa penengah pihak ketiga) dalam proses pembayaran. Biasanya dibeberapa grup atau komunitas tertentu terdapat seorang rekber yang telah dipercaya oleh komunitas tersebut.

Anda juga dapat menggunakan jasa rekber marketplace seperti bukalapak dan tokopedia. Meskipun setiap rekber mematok biaya administrasi, namun biasanya biaya yang diminta oleh Rekber tergolong murah. Oleh karena itu, walaupun harus membayar administrasi, setidaknya transaksi online dapat berjalan lancar dan aman dari tindak kejahatan.

#5. Jangan Tergiur Harga Murah yang Tidak Masuk Akal

Diantara modus penipuan yang sering digunakan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab adalah menjual barang dengan harga murah dan tidak masuk akal. Bahkan lebih murah dari harga normal atau jauh dibawah harga asli.

Tidak semua penjual di facebook yang menjual harga murah adalah penipu, namun setidaknya Anda harus waspada dan tidak mudah tergiur dengan harga murah. Jika Anda terpaksa ingin membeli barang tersebut, maka gunakanlah jasa rekber.

Baca Juga: Cara Setting Video di Facebook Agar Tidak Memutar Otomatis

#6. Cek Lokasi Penjual

Mintalah alamat usaha kepada penjual yang telah Anda kenal sebelumnya di facebook. Setelah mendapatkan alamat penjual, silahkan cek alamat usaha tersebut melalui kawan atau kenalan yang tinggal di daerah si penjual. Atau jika telah terverifikasi di google map, Anda bisa melihatnya di google map.

#7. Meminta Foto KTP/SIM dan Rekening Tabungan

Hal ini tidak wajib dilakukan, namun jika memang sudah sangat mendesak, apalagi transaksi memiliki nominal uang yang cukup besar. Maka tidak adalah salahnya untuk meminta foto KTP/SIM dan rekening bank. Biasanya, penjual yang jujur antara keterangan nama di KTP/SIM memiliki nama yan sama dengan rekening tujuan.

Demikian ulasan mengenai tips aman jual beli online lewat facebook. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan pencerahan bagi Anda yang awan dalam proses jual beli online. Good Luck !
Discaimer: Kami tidak bertanggung jawab dunia akhirat terhadap iklan yang tampil di blog, karena iklan berasal dari google dan blog ini hanya sebagai media. Semua penggunaan konten (video, gambar, dan teks) Gratisiana.Net diambil dari label yang bebas untuk didistribusikan. Jika Anda menemukan pelanggaran hak cipta, silahkan hubungi kontak kami. Dengan senang hati kami akan segera menghapusnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel