Contoh Teks Pidato dan Ceramah Tentang Malam Lailatul Qodar

Contoh Teks Pidato dan Ceramah Tentang Malam Lailatul Qodar - Malam lailatul Qodar atau dikenal dengan malam lebih baik dari 1000 bulan, dimana malam tersebut hanya ada ketika di bulan suci ramadhan saja. Merupakan malam yang paling ditunggu-tunggu oleh umat islam dimanapun berada. Karena dimalam tersebut para malaikat turun ke bumi membawa rahmat dan ampunan dari Allah SWT.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan (Lailatul Qadr). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan (Lailatul Qadr) itu? Malam kemuliaan itu (Lailatul Qadr) lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar”. (Al-Qadr: 1-5)

Bagi Anda yang memiliki wawasan dan ilmu agama islam yang cukup luas cermah malam lailatul qodar bukanlah hal yang sulit. Nah, dikesempatan yang kali ini, Admin akan membagikan kepada para pembaca mengenai contoh pidato malam lailatul qodar yang mungkin Anda butuhkan sebagai bahan untuk ceramah tengtang malam lailaul qodar di sekolah, majlis ta'lim dan acara lainya.

Ceramah Tentang Malam Lailatul Qodar Terbaru
Teks Pidato dan Ceramah Tentang Malam Lailatul Qodar


Teks Pidato dan Ceramah Tentang Malam Lailatul Qodar

Pembukaan
Assalamu'alaikum Wr...Wb..

Yang saya hormati para alim ulama, para kiyai, para sesepuh, para ustadz, para pemimpin bapak lurah dan semua bapak/ibu yang hadir di dalam majlis yang insyallah mubarok ini. 

Di dalam kesempatan yang berbahagia ini marilah kita semua senantiasa memanjatkan Puji dan Syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat, taufiq dan hidayahnya. Sehingga kita semua masih bisa berkumpul dan bermuwajaaha di dalam kegiatan yang insyAllah diridho Allah SWT. Semoga kegiatan ini menjadi amalan dan dicatat oleh Allah sebagai amalan dan catatan yang baik, Amin Ya robbal alamin..

Sholawat serta salam marilah kita limpahkan pada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW, kepada keluarganya, Sahabatnya, dan pengikutnya. Dengan untaian sholawat semoga di hari kiamat kelak kita semua akan mendapatkan syafaat (pertolongan), Amin ya Robbal Alamin....

Isi Teks Pidato dan Ceramah Malam Lailatul Qodar

Saudaraku yang diramhmati Allah SWT..

Tahukah anda mengenai bagaimanakah rasanya kita berpuasa selama ini, Bagaimanakah rasanya menahan diri dari lapar, haus dan menahan nafsu dibulan ini, semua merupakan sebuah proses untuk mencapai ketaqwaan kita kepada Alloh SWT, dan barang siapa kita mampu melaluinya maka kita termasuk orang-orang yang mendapatkan kemenangan.

Dibulan suci ini banyak terdapat rahasia-rahasia Allah dan banyak sekali keberkahan yang kita dapatkan karena hanya dibulan ini kita bisa menjadi hamba yang benar-benar melalui proses yang sangat berat, maka itu kita perlu menjalankannya dengan penuh kesabaran serta keimanan.

Adapun diantara bulan yang paling utama adalah bulan suci Ramadhan dimana bulan ini adalah bulan umat muslim diwajibkan untuk menunaikan puasa. Berikut adalah 5 keutamaan bulan suci Ramadhan.

5 Keutamaan Malam Lailatul Qodar

1. Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan

Mujahid mengatakan bahwa yang dimaksud lebih baik dari seribu bulan adalah malam Lailatul Qadar lebih baik dari 1000 bulan, yaitu untuk amalan, puasa, dan shalat malam yang dilakukan ketika itu lebih baik dari seribu bulan

Mujahid juga berkata bahwa lailatul qadar itu lebih baik dari 1000 bulan yang tidak terdapat lailatul qadar. Pendapat ini juga menjadi pendapat Qotadah bin Da’amah dan Imam Syafi’i. (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 7: 609).

Jika ibadah dalam lailatul qadar sama dengan ibadah di seribu bulan lamanya, maka ada keutamaan mendirikan shalat malam ketika itu sebagaimana disebutkan dalam hadits muttafaqun ‘alaih, dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa yang menghidupkan lailatul qadar dengan shalat malam atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 1901 dan Muslim no. 760).

2. Malaikat turun pada malam tersebut membawa keberkahan dan rahmat.

Allah Ta’ala berfirman,

تَنَزَّلُ ٱلۡمَلَٰٓئِكَةُ بِإِذۡنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمۡرٖ  ٤ [ الـقدر:4]

“Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan”. [Al Qadr:4]

Malaikat ketika malam penuh kemuliaan tersebut turun ke muka bumi. Itu menandakan bahwa malam tersebut banyak keberkahan. Malaikat setiap kali turun tentu membawa keberkahan dan rahmat. Sebagaimana malaikat membawa keberkahan ketika mendatangi halaqoh ilmu. Sampai-sampai mereka meletakkan sayapnya karena ridho pada penuntut ilmu.

Sedangkan yang dimaksud dengan “ar-Ruh” dalam surat Al Qadr adalah malaikat Jibril. Penyebutan Jibril di situ adalah penyebutan khusus setelah sebelumnya disebutkan mengenai malaikat secara umum.

Sedangkan maksud “min kulli amr” dalam ayat tersebut adalah bahwa ketika itu datang keselamatan atau kesejahteraan untuk setiap urusan (perkara).

3. Setan tidak bisa bertingkah jahat pada malam Lailatul Qadar

Allah Ta’ala berfirman,

[سَلَٰمٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطۡلَعِ ٱلۡفَجۡرِ  ٥ [ الـقدر5

“Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar”. [Al Qadr:5]

Yang dimaksud di sini adalah pada malam tersebut penuh dengan keselamatan. Mujahid berkata bahwa setan tidak bisa melakukan kejelekan atau mengganggu manusia pada malam tersebut. (Lihat Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 7: 610)

Ibnu Zaid dan Qotadah berkata bahwa pada malam lailatul qadar hanya ada kebaikan saja, tidak ada kejelekan hingga terbit fajar. (Lihat Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 7: 611).

4. Pada malam tersebut ditetapkan takdir, ajal dan rezeki

Ketika menafsirkan ayat terakhir, Ibnu Katsir membawakan perkataan Qotadah dan ulama lainnya bahwasanya pada lailatul qadar diatur berbagai macam urusan. Ketika itu ajal dan berbagai rezeki ditetapkan. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam ayat lainnya:

[فِيهَا يُفۡرَقُ كُلُّ أَمۡرٍ حَكِيمٍ  ٤ [ الدخان[4

“Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah”, [Ad Dukhan:4]

5. Keselamatan dan rahmat bagi yang menghidupkan Lailatul Qadar di masjid

Asy Sya’bi berkata mengenai ayat,

[سَلَٰمٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطۡلَعِ ٱلۡفَجۡرِ  ٥ [ الـقدر:5]

“Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar”. [Al Qadr:5]

Yaitu bahwa keselamatan dan malaikat datang pada malam tersebut bagi ahli masjid, itu berlangsung hingga datang fajar (Shubuh).

Saya rasa cukupkan dulu pesan mengenai malam lailatul Qodar kali ini. Semoga kita semua yang hadir disini mendapat keberkahan dari malam lailatul qodar. Amin.... Ya Robbal Alamin....

Tak lupa pula sebelum saya akhiri, apabila ada kesalahan dan tutur kata yang kurang berkenan. Sebagai manusia biasa saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Akhiru kalam...... 

Wassalamu'alaikum Warohmatuillaahi Wabarokaatuh..
Dapatkan informasi terbaru gratis langsung via E-mail. Klik
Discaimer: Kami tidak bertanggung jawab dunia akhirat terhadap iklan yang tampil di blog, karena iklan berasal dari advertiser dan blog ini hanya sebagai media. Semua penggunaan konten (video, gambar, dan teks) Gratisiana.Net diambil dari label yang bebas untuk didistribusikan. Jika Anda menemukan pelanggaran hak cipta, silahkan hubungi kontak kami. Dengan senang hati kami akan segera menghapusnya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Teks Pidato dan Ceramah Tentang Malam Lailatul Qodar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel